Statuses

Program Telepon Desa Grameen Telecom

In Business, Grameen, IMTelkom, Leadership, Manajemen, Telematika, Wirausaha on 20 November 2007 by djadja Ditandai: , ,

Grameen Telecom (GTC) adalah perusahaan yang berdedikasi terhadap peningkatan penetrasi teknologi telekomunikasi dan informasi penduduk pedesaan Bangladesh. Saat ini GTC menyediakan telepon selular bergerak GSM 900 kepada masyarakat. Visinya adalah untuk menyediakan pelayanan telekomunikasi kepada 100 juta masyarakat pedesaan pada 68.000 desa-desa di Bangladesh.

Grameen Telecom adalah badan usaha non-profit yang didrikan atas inisiatif professor Muhammad Yunus. Grameen Telecom memegang 35% saham dari GrameenPhone Ltd., perusahaan yang memegang lisensi nasional untuk pelayanan telepon selular bergerak GSM 900. Perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan pelayanan telekomunikasi daerah-daerah pedesaan di Bangladesh dan juga berlaku sebagai agen penjualan untuk telepon- telepon bergerak untuk pelanggan perseorangan di pedesaan. Filosofis badan usaha ini adalah memberikan akses universal telekomunikasi untuk penduduk desa dan menyediakan nilai tambah layanan lainnya.

Grameen Bank memegang bagian penting pada penerapan dan perpanjangan program telepon desa ini. Bank ini menyediakan bantuan organisasi dan infrastruktur yang dibutukan oleh Grameen Telecom terhadap pemilihan operator telepon desa dari anggotanya dan juga pengumpulan tagihan teleponnya. Grameen Bank menjadikan Program Telepon Desa (Village Phone Program) untuk usaha pertama terhadap penyelesaian masalah telekomunikasi pedesaan sebagai jembatan antara masyarakat desa dan Grameen Telecom untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi.

Konsep “Village Phone” dikembangkan dengan mengkombinasikan pengalaman Grameen Bank di bidang pinjaman mikro dan teknologi digital tanpa kabel yang terbaru dan memberikan ide pada adanya sentral/operator telepon pribadi.“Village Phone” adalah ide unik yang menyediakan pelayanan telekomunikasi moderen kepada masyarakat miskin di Bangladesh. Anggota Grameen Bank memperoleh kepemilikan dari telepon dibawah program sewa-beli pada bank yang kemudian menyediakan pelayanan kepada masyarakat pada daerah pedesaan. Tagihan “Village Phone” dan pembayaran lainnya dikumpulkan oleh Grameen Bank. Kepercayaan tersebut dengan sangat cepat membuat “Village Phone” akan memperoleh posisi menjadi projek telepon nirkabel paskabayar terbesar di dunia. Sampai dengan tahun 2004diharapkan dapat “Village Phone” memasang 40,000 telepon- telepon desa.

Pada pelaksanaannya, setiap telepon desa dibawah pengawasan seorang operator telepon paska bayar di desa yang bertanggung jawab untuk memperluas pelayanan pelayanan kepada pelanggan- pelanggan untuk telepon masuk dan keluar serta pengumpulan biaya telepon yang pantas pada setiap telepon. Pendapatan operator berasal dari perbedaan antara biaya yang dibayar oleh pelanggan-pelanggan dan pembayaran kepada operator “Village Phone”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: