Statuses

Rachmi Utami: Analisa Penerapan COBIT dalam Implementasi LMS pada aplikasi OLAT

In E-Learning, Ilmiah, Lecture, pendidikan, Telematika, Widyatama on 29 Desember 2011 by djadja Ditandai: , ,

1.    Perencanaan dan Organisasi.

Dalam upaya meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar, Universitas Widyatama menyediakan LMS sebagai media belajar mengajar secara online, namun LMS yang digunakan harus dapat memenuhi kebutuhan untuk komunikasi online, resource share, dan project group.

 

Komunikasi online sendiri dimaksudkan agar dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi selama perkuliahan online berlangsung. Resource share diperuntukan agar mahasiswa dan dosen dapat berbagi bahan kuliah, dan project group digunakan sebagai repositories oleh mahasiswa ketika mendapatkan tugaskelompok dari dosennya.

 

Untuk dapat memenuhi kebutuhan diatas maka aplikasi yang diimplementasikan ialah Online Learning And Training (OLAT) yang berbasis opensource. Pengguna aplikasi ini ialah mahasiswa dan dosen jurusan Teknik Informatika. Perancangan yang dilakukan dalam implementasi aplikasi ini ialah konektifitas database aplikasi OLAT dengan database server utama, dan konektifitas aplikasi OLAT dengan chat server yang menggunakan aplikasi openfire.

 

2.    Akusisi dan Implementasi

Ditinjau dari tahapan akusisi dan implementasi maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya telah terdapat Learning Management System yang selanjutnya disebut LMS, yang ada di Universitas Widyatama. Namun pengembangan sistemtersebut tidak dilanjutkan ketahap yang lebih baik sehingga fungsi pada LMS tersebut terabaikan. 

 

Beberapa kelemahan yang ditemukan pada LMS OLAT diantaranya :

  •  Tidak semua fungsi fitur  yang  ada pada LMS OLAT dapat digunakan
  •  Fitur chating masih terjadi delay time
  •  User yang telah login dan idle (tidak melakukan aktifitas apapun) maka akan logout dengansendiri, idle time seorang user diatur oleh session login 

Database yang digunakan oleh aplikasi ini ialah MySQL, dimana pada sisi aplikasi OLAT menggunakan engine client yang akant erkoneksi dengan engine server pada server database utama.

 

3.    Pelaksanaan dan Dukungan

Dengan implementasi LMS OLAT maka perkuliahan online akan bias dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen untuk saling berkomunikasi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada LMS OLAT. User yang dapat menggunakan aplikasi ini ialah user yang telah terdaftar, user baru dapat melakukan registrasi pada link menu yang ada pada halaman login aplikasi OLAT, setelah melakukan registrasi maka user akan menerima email dari administrator aplikasi OLAT untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Otorisasi user dibagi menjadi beberapa level, dimana seorang dosen memiliki otorisasi untuk membuat sebuah perkuliahan dan mahasiswa diberikan otorisasi untuk dapat bergabung ke dalam perkuliahan yang telah dibuat oleh dosen.


Dengan adanya resource share maka mahasiswa dapat menyimpan bahan kuliah dalam storage yang telah diberikan, dan dapat berbagi bahan yang dimilikinya dengan mahasiswa lain. Dukungan akan komunikasi yang telah disediakan dalam aplikasi dapat dipergunakan user untuk berdiskusi secara online, baik itu untuk membahas mengenai perkuliahan atau sekedar berbincang-bincang secara online. Dukungan project group dapat dipergunakan untuk mengerjakan projek secara bersama-sama baik itu tugas perkuliahan atau projek yang lainnya.

  

4.    Pemantauan dan Evaluasi

Pemantauan terdahap aplikasi maupun server aplikasi perlu dilakukan secara berkala, pada sisi aplikasi pemantauan yang dilakukan ialah dengan memantau agar servis-servis yang diberikan terus dapat berjalan, seperti keamanan pada resource share agar user-user yang tidak berhak tidak dapat mengakses resource share tersebut. Selain pemantauan dari sisi aplikasi juga harus dilakukan pemantauan secara berkala dari sisi server aplikasi, seperti pemantauan penggunaan storage yang digunakan sebagai resource share, koneksitifas aplikasi OLAT dengan chat server yang menggunakan openfire.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: