Statuses

Bagaimana Merubah Pedesaan Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Telematika)

In E-Learning, Innovation, Pedesaan, pendidikan, Telematika on 12 Maret 2013 by djadja Ditandai: , , , , , , ,

Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup manusia itu sendiri.Dengan perjalanan waktu, makin hari peranan TIK makin menonjol dan menentukan dalam pembangunan bangsa termasuk bagi masyarakat perdesaan (Habibie.1995:17 )

Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan TIK dalam rangka untuk mengolah SDA yang sudah tersedia. Dimana dalam pengembangan TIK harus didasarkan terhadap budaya dan lingkungan kehidupan, agar semua masyarakat bisa memanfaatkan TIK sesuai dengan fungsinya. Begitu juga diharapkan sumber daya manusianya bisa lebih baik lagi jika didukung dengan penggunaan TIK sehingga banyak kemudahan yang kita dapatkan oleh manusia itu sendiri.

Namun,berbanding terbalik dengan realita yang ada di lingkungan perdesaan masih banyak dijumpai masyarakat yang belum bisa memanfaatkan perkembangan TIK. Misalnya, guru yang sudah lama mengajar disekolah dan umurnya sudah tua bila dihadapkan dengan dengan komputer maka dia akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengoperasikannya dalam suatu lembaga pendidikan yang ada di pedesaan, karena dulunya hanya terbiasa dihadapkan pada mesin ketik saja.

Dalam pelaksanaan pembangunan diperdesaan pada saat ini, TIK memberikan peranan yang sangat besar terhadap perkembangan aktivitas penduduk. Dimana masih banyak masyarakat perdesaan yang kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut. Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung.Maka dari itu,pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peran TIK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: