Statuses

Konektifitas Adalah Produktifitas (Connectivity is Productivity)

In Grameen, IMTelkom, Lecture, Manajemen, Pedesaan, Telematika, Tokoh on 15 Maret 2013 by djadja Ditandai: , , , ,

Iqbal Quadir adalah visioner  telematika pedesaan  di negara-negara berkembang. Dalam video dari TED, ia menceritakan bagaimana visi itu datang kepadanya pada awal 1990-an.

 Quadir menangkap gagasan untuk membawa ponsel bagi kaum miskin Bangladesh. Pada saat itu, ia bermitra dengan Bank Grameen untuk membentuk GrameenPhone. Dan sisanya adalah sejarah panjang telematika pedesaan, di Bangladesh dan seterusnya di seluruh dunia.

Kemudian dalam pembicaraan video TED tersebut, Quadir memaparkan rantai sebab-akibat:

Konektivitas -> Ketergantungan -> Spesialisasi -> Produktivitas

Konektivitas membantu orang dan perusahaan bekerja sama ketika mereka terpisah jauh untuk melakukan koordinasi, negosiasi, kemudian menanda tangani kontrak. Komunikasi yang lebih baik memungkinkan mereka untuk mereorganisasi diri langkah-demi-langkah ke dalam pengaturan ekonomi yang lebih kompleks. Hal ini ditandai dengan saling ketergantungan yang lebih besar dan spesialisasi. Dan spesialisasi membawa produktivitas (seperti pabrik  Adam Smith). Saya tidak berpikir itu semua hanya sekedar konektivitas – tapi  juga mengirimkan ide-ide dan budaya – yang merupakan “potongan besar” dari produktifitas.

Senang berbicara dengan Quadir di sebuah simposium yang diselenggarakan oleh Institute Legatum beberapa tahun yang lalu. Dia adalah penulis drama pola dasar. Dia memiliki  visi yang kuat, yang mampu mengubah alur cerita pembangunan ekonomi dunia. Dengan cara yang sama, ia adalah seorang yang kuat,  dia bisa membuktikan dalam dua kalimat bahwa bantuan luar negeri tidak bekerja – kadang sedikit terlalu keras dan jelas kritik yang disampaikannya.

Tapi seperti  dampak konektivitas, saya pikir Quadir  benar. Bahkan ia memiliki sesuatu yang diartikulasikan dan telah berjuang untuk mengatakannya dengan baik. Ya, manfaat konektivitas tidak berlalku universal . Jika orang miskin kadang-kadang menghabiskan terlalu banyak  minuman keras dan rokok, mereka mungkin melakukan hal yang sama ketika  berbicara dengan teman-temannya di telepon. Tapi saya pikir konektivitas dengan perangkat mobile dan internet secara inheren baik, terutama dalam bentuknya dalam 15 tahun terakhir yang mengubah pengguna menjadi peserta aktif.

Ini adalah mirip dengan pembangunan industri  keuangan mikro untuk pengembangan sistem keuangan secara umum. Seperti sistem keuangan, sistem komunikasi  menciptakan kemungkinan beragam untuk  meramalkan atau memprediksinya, yang merupakan inti dari pembangunan ekonomi transformasional. Adalah wajar untuk menyatakan bahwa intervensi komunikasi yang meningkatkan jangkauan, fleksibilitas, dan ketahanan sistem keuangan pada umumnya mendukung pembangunan ekonomi.

Telepon berbasis perbankan dapat menjadi salah satu contoh,  aplikasi yang Quadir mungkin tidak memperkirakan untuk revolusinya. Dalam retrospeksi  tampak jelas: jumlah informasi menjadi kebutuhan untuk mengirimkan dalam rangka melaksanakan transaksi keuangan mikro yaitu otentikasi identitas pengguna, jenis transaksi, jumlahnya, dan identitasnya yang dapat dilakukan dengan  antarmuka primitif ponsel murah. Dan di Kenya, dalam bentuk M-PESA, ponsel berbasis layanan keuangan itu sendiri mengarah ke beragam perubahan perilaku ekonomi, serta banyak yang tak terduga. Itu adalah beberapa yang dapat dipelajari, yang semuanya bisa dibilang contoh pepatah Quadir bahwa konektivitas adalah produktivitas (Connectivity is Productivity).

Satu Tanggapan to “Konektifitas Adalah Produktifitas (Connectivity is Productivity)”

  1. […] Dengan kemitraan,  pemerintah dan regulator berarti berkomitmen memberikan bukan hanya dana, tapi juga jaminan akses dan kapasitas jaringan yang luas, sehingga masyarakat bisa beralih ke domain .id. Jika kemitraan sukses, seperti  pada Komunitas @DesaMembangun, negara dapat memberikan subsidi untuk biaya akses jaringan kepada masyarakat agar internet bisa jadi “Pengungkit” peningkatan kesejahteraaan rakyat seperti yang dikatakan IqbalQuadir dari Grameen Telecom bahwa “Konektifitas Adalah Produktifitas” (Connectivity is Productivity). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: