Statuses

Domain.ID: Bukan Hanya Domain Teknologi, Namun Proses Revitalisasi & Refleksi Manusia Indonesia

In Business, Innovation, Manajemen, Pedesaan, Pemikiran, Telekomunikasi, Telematika on 22 Juli 2013 by djadja Ditandai: , , , , , , , , , ,

Domain .ID: Bukan Hanya Domain Teknologi

Apalah arti sebuah nama?  Itulah pernyataan singkat William Shakespeare, ““What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” (Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi)

Andaikata nama tak berarti apa-apa, seperti anggapan Shakespeare, mungkin akan ada banyak nama yang tak peduli pada esensi. Shakespeare memang tidak keliru. Ia membuat perumpamaan sangat cerdas dengan menyatakan sekuntum mawar akan tetap berbau harum meskipun memakai nama lain. Shakespeare memang tidak sedang mempersoalkan arti sebuah nama. Ia sedang mengajak pembacanya merenungkan esensi, keaslian, atau hakikat sebuah materi, apapun namanya.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan pengguna akses internet yang lumayan cukup banyak. Lebih dari 60 juta orang menggunakan internet untuk berkomunikasi, mengakses informasi, serta berbagi ragam konten di dunia maya. Pengguna internet Indonesia, mulai dari perorangan, institusi, pemerintahan, dan kalangan korporasi. Konten internet-nya pun sangat beragam, mulai dari jejaring sosial , sampai dengan komersial.

Hanya sayang, nama Indonesia masih asing di dunia maya. Banyak orang yang tidak menggunakan identitas Indonesia-nya untuk kebutuhan berinteraksi di dunia maya ini. Contohnya, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kita bisa menggunakan nama internet (domain) dengan menggunakan dot-id (.id).

Domain .ID: Proses Revitalisasi Kebangsaan

Sebagai warga negara Indonesia yang baik seharusnya kita menunjukkan rasa cinta kita sebagai warganya. Tak hanya melalui sikap dan disiplin terhadap hukum dan undang-undang, namun juga mencintai segala yang ada didalamnya, alam, masyarakat, hasil bumi, dan tentu produk lokal Indonesia. Itu yang bisa kita lakukan secara nyata. Nah, kalau didalam dunia maya? Apa yang harus kita lakukan?

Sebagai pengguna Internet, kita harus menunjukkan rasa cinta kepada Indonesia dengan menulis segala hal yang baik dan  rasakan di Indonesia. Dan seharusnya  juga menggunakan domain .id. Domain ini merupakan domain kode negara (country code top level domain/CCTLD) untuk Indonesia. Seharusnya kita bisa menggunakan domain ini. Bukan cuma saya, anda juga. Ini merupakan identitas diri kita sebagai Warga Negara Indonesia.

Domain .ID: Refleksi Manusia Indonesia 

Padahal ada banyak keuntungan saat orang-orang menggunakan label bangsa di internet. Terutama supaya menampilkan jati diri kita sebagai warga negara dengan wilayah kepulauan yang paling besar. Selain itu, untuk memberikan identitas pasti bahwa nama kita adalah valid di internet.

Adapun untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan domain .id, kita berharap bahwa pemerintah dan regulator melakukan kemitraan dengan masyarakat pemerhati, pemakai dan pengatur domain secara intens. Kuncinya kemitraan, dimana regulator harus punya roadmap jelas, dan masyarakat diberi ruang untuk mengelolanya.

Dengan kemitraan,  pemerintah dan regulator berarti berkomitmen memberikan bukan hanya dana, tapi juga jaminan akses dan kapasitas jaringan yang luas, sehingga masyarakat bisa beralih ke domain .id. Jika kemitraan sukses, seperti  pada Komunitas @DesaMembangun, negara dapat memberikan subsidi untuk biaya akses jaringan kepada masyarakat agar internet bisa jadi “Pengungkit” peningkatan kesejahteraaan rakyat seperti yang dikatakan IqbalQuadir dari Grameen Telecom bahwa “Konektifitas Adalah Produktifitas” (Connectivity is Productivity).

Bandung @Lautan_ID

Untuk itu, Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dan ITB  bekerja sama menyelenggarakan “Bandung Lautan .id”, dalam bentuk acara seminar, workshop dan pameran yang hadir dengan beragam solusi internet. Solusi-solusi tepat untuk kalangan profesional TI, akademisi, sekolah, mahasiswa, pelajar, pelaku usaha kecil menengah, hingga pengelolaan web desa hadir dalam acara empat hari di Institut Teknologi Bandung dari tanggal 3-6 Juli 2013. Kegiatan ini juga menjadi ajang promosi produk-produk berbasis TIK dan kolaborasi sumber daya manusia yang mumpuni, baik dari segi kuantitas dan kualitas.

Bandung Lautan .ID  suatu event Pandi.or.id bekerja sama dengan ITB,  CBN, Inixindo, dan  .id registrar yang bertempat di Comlabs USDI ITB itu berupa:

  1. Seminar teknologi informasi , sosialisasi domain dot-id (.id) 3 Juli 2013 , Institut Teknologi Bandung
  2. Workshop membuat domain .id , hosting website, membuat website sederhana (untuk sekolah, desa, UKM, perguruan tinggi , 4-6 Juli 2013 , Institut Teknologi Bandung
  3. Pameran Registrar Domain dan Hosting , 4-6 Juli 2013, Institut Teknologi Bandung
  4. Workshop teknologi informasi , 4-6 Juli 2013, Institut Teknologi Bandung

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=JMN-OI9HFtk]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: