Statuses

@DesaMembangun: Gerakan Telematika Pedesaan Untuk Mengangkat Derajat Masyarakat

In Desa, Ilmiah, Lingkungan, Pedesaan, Pemikiran, Telekomunikasi, Telematika on 22 Agustus 2013 by djadja Ditandai: , , , , , , ,

Ada pengakuan yang berkembang bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah alat  yang dapat membuat pembangunan efektif dalam skala besar untuk kaum miskin dan pedesaan. Akibatnya, ada peningkatan jumlah organisasi masyarakat  di seluruh dunia yang telah mulai menggunakan TIK untuk meningkatkan pembangunan, peningkatan partisipasi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Namun tantangan terbesar yang dihadapi praktisi, peneliti, pemerintah dan badan-badan pembangunan di seluruh dunia adalah untuk mengidentifikasi cara dan sarana cara yang tepat akses ke TIK untuk lima miliar orang yang masih berada di luar jangkauan ICT dan tidak mempunyai  akses pribadi ke teknologi ini.

Selama beberapa waktu terakhir, Gerakan Desa Membangun telah muncul sebagai salah satu kendaraan yang paling penting untuk menyediakan akses publik ke komputer, internet dan teknologi digital lainnya untuk masyarakat miskin, terutama masyarakat pedesaan yang terpencil. Selain memungkinkan anggota masyarakat untuk berbagi dan bertukar informasi dan pengetahuan, GDM membantu masyarakat memperoleh keterampilan, membuat konten lokal, mennyelenggarakan e-health, e-governance, kredit mikro dan jasa asuransi, bahkan pelayanan untuk masyarakatnya yang menjadi TKI.

Selama beberapa tahun terakhir, Gerakan Desa Membangun (GDM) menggunakan jaringan dari komunitas pedesaan dengan  ide-ide inovatif untuk menjangkau masyarakat terpinggirkan dari pedesaan Indonesia, khususnya petani. Inisiatif ini diantaranya – menggunakan  satelit dan ponsel – untuk menjangkau masyarakat pedesaan dalam upaya untuk berbagi dan bertukar informasi dan pengetahuan untuk cara hidup yang lebih baik.

Program ini dimaksudkan untuk mencapai manfaat dari TIK secara langsung kepada masyarakat di tingkat akar rumput.  Ini adalah kemitraan yang dilakukan untuk mengangkat kehidupan dan mata pencaharian daerah pedesaan. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan  layanan berbasis kebutuhan di bidang pendidikan, kesehatan, gizi, cuaca, lingkungan, pertanian dan mata pencaharian sebagai alternatif bagi masyarakat pedesaan. GDM akan menangani  informasi dinamis dan generik untuk memberdayakan masyarakat pedesaan melalui infrastruktur informasi berbasis web seperti yang dilakukan Mandalamekar, sebuah desa di Tasikmalaya Selatan.

Ini akan membantu meluncurkan revolusi pengetahuan di pedesaan, yang dirancang untuk meningkatkan pengamanan ekologi dan penghidupan serta mempercepat pembangunan manusia dan kualitas hidup dengan mengambil keuntungan dari kearifan lokal. Juga dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, profitabilitas dan keberlanjutan pertanian dan untuk menghasilkan nilai tambah pertanian dan  non-pertanian.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=JMN-OI9HFtk]

Satu Tanggapan to “@DesaMembangun: Gerakan Telematika Pedesaan Untuk Mengangkat Derajat Masyarakat”

  1. […] @DesaMembangun: Gerakan Telematika Pedesaan Untuk Mengangkat Derajat Masyarakat […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: