Statuses

Program Perikatan Banyak Pemangku Kepentingan pada Telematika Pedesaan @DesaMembangun

In Desa, Grameen, IMTelkom, Leadership, Manajemen, Pedesaan, Telematika on 2 Oktober 2013 by djadja Ditandai: , , , , , , ,

Perencanaan dan penggunaan komunikasi yang sistematis adalah dasar untuk menciptakan kesadaran, penumbuhan konsensus serta keikutsertaan di dalam proses-proses dari perubahan dan pengembangan, pembuatan keputusan-keputusan dan memecahkan konflik-konflik. Komunikasi pemangku kepentingan yang baik berhasil meningkatkan partisipasi dan implementasi proyek yang pada akhirnya menghemat waktu dan uang.

Program Perikatan Banyak Pemangku Kepentingan (Multi-Stakeholder Engagements Program) membantu kefgiatan atau proyek @DesaMembangun yang memerlukan pemahaman lingkungan-lingkungan regional dan lokal, kultur orang-orang yang terlibat serta komitmen dari pemangku kepentingan. Apapun aktifitasnya, baik itu suatu instalasi pembangkit tenaga dengan panas bumi atau listrik tenaga air, atau suatu program prasarana telekomunikasi pedesaan, atau pembangunan prasarana pengairan; bilamana mengabaikan manajemen hubungan pemangku kepentingan akan meningkatkan biaya secara signifikan, keterlambatan proyek atau hasil yang tidak memuaskan bagi semua atau sebagian besar pemangku kepentingan.

Khusus untuk perencanaan pembangunan prasarana telematika pedesaan, perlu dipikirkan pertanyaan-pertanyaan strategis dan hipotesis sebagai berikut:

  1. Adakah permintaan yang cukup untuk investasi?  Diperlukan penilaian yang terperinci dari persyaratan-persyaratan penyebaran prasarananya, dan memproyeksikan pendapatan di suatu komunitas
  2. Ke mana jasa telematika tersebut diperlukan? Penentuan lokasi-lokasi anggota masyarakat yang diinginkan untuk akses telekomunikasi dan penentuan pemenuhan (coverage) telekomunikasi pedesaan yang optimum.
  3. Bagaimana caranya menyebarkan model bisnis ini agar dapat bertahan? Penentuan “kasus bisnis” untuk investasi telekomunikasi pedesaan dan keterlibatan pemangku kepentingan yang mendukung keuangan jasa telekomunikasi pedesaan.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=LFPnT1n8-n0]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: