Statuses

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Merevolusi Perkembangan di Afrika

In Business, Grameen, Innovation, Manajemen, Telekomunikasi, Telematika on 27 Desember 2013 by djadja Ditandai: , , , , , , , , , , , ,

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan inovasi yang memberikan solusi rumah-tumbuh, transformasi bisnis, menggerakan kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi di Afrika menurut sebuah laporan bersama yang diterbitkan oleh Bank Dunia dan Bank Pembangunan Afrika ( AfDB )  dengan dukungan dari Uni Afrika .

Sesuai Laporan  eTransform Afrika: Transformasi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Afrika, memberikan fakta baru pada revolusi teknologi yang terjadi di Afrika dan dampak perubahannya terhadap pembangunan benua tersebut. Pada awal 2012, ada sekitar 650 juta pelanggan mobile, membuat pasar telepon seluler Afrika lebih besar dari baik Uni Eropa atau Amerika Serikat. Dengan 68.000 km kabel bawah laut dan lebih dari 615.000 km dari jaringan backbone telekomunikasi internasional telah diletakkan yang sangat meningkatkan konektivitas di seluruh Afrika. Bandwidth internet yang tersedia untuk satu miliar warga Afrika telah tumbuh 20 kali lipat sejak tahun 2008 .

“Internet dan ponsel mengubah lanskap pembangunan di Afrika, menyuntikkan dinamisme baru di sektor-sektor kunci” kata Jamal Saghir, Direktur Bank Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan di Wilayah Afrika. “Tantangannya adalah untuk meningkatkan inovasi dan menyebarkan kisah sukses ini untuk dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar di seluruh Afrika pada dekade berikutnya.”

Laporan eTransform Afrika menekankan perlunya membangun industri ICT yang kompetitif untuk mempromosikan inovasi, penciptaan lapangan kerja, dan meningkatkan potensi ekspor usaha di Afrika. Ini harus mengidentifikasikan praktek-praktek terbaik dalam penggunaan ICT dalam delapan sektor utama. Sebagai contoh:

  1. Pertanian: Di Kenya, skema Kilimo Salama menyediakan asuransi tanaman bagi petani , menggunakan gateway pembayaran M – PESA yang membantu  untuk lebih baik mengelola bencana alam seperti kekeringan atau curah hujan yang berlebihan.
  2. Adaptasi perubahan iklim: Di Malawi , sebuah proyek deforestasi melatih masyarakat lokal untuk memetakan desa mereka menggunakan perangkat GPS dan memberdayakan mereka untuk mengembangkan strategi adaptasi lokal oleh masyarakat terlibat.
  3. Jasa keuangan: Di Senegal, Sonatel  anak perusahaan dari Orange) adalah salah satu operator terbaru di benua itu untuk meluncurkan layanan transfer uang yang memungkinkan 200.000 pelanggan untuk mengirim dan menerima uang menggunakan ponsel .
  4. Kesehatan: Di Mali, Telemedicine membantu mengatasi kekurangan petugas layanan  dan spesialis kesehatan yang terlatih di daerah pedesaan, khususnya program Tele-radiologi IKON.

“Laporan ini tidak hanya menyoroti jalur  TIK Afrika sudah aktif, tetapi juga terus mendorong pemikiran kreatif  bagaimana memanfaatkan TIK untuk manfaat yang lebih besar bagi Afrika,” kata Gilbert Mbesherubusa, Penjabat Wakil Presiden Operasi  Bank Pembangunan Afrika.

Laporan ini menunjukkan bagaimana negara-negara seperti Kenya dan Senegal menerapkan inisiatif fasilitasi perdagangan dengan TIK  dan menguraikan peran kunci  Komunitas Ekonomi Regional Afrika bisa bermain dalam mendukung integrasi  untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi biaya regional yang lebih besar.

eTransform Afrika juga mendokumentasikan berbunga hub teknologi di seluruh Afrika – seperti iHub dan NaiLab di Kenya, Hive CoLab dan AppLab di Uganda, Activspaces di Kamerun, BantaLabs di Senegal, Kinu di Tanzania atau mLabs infoDev di Kenya dan Afrika Selatan. Hub ini menciptakan ruang baru untuk kolaborasi, inovasi, pelatihan, pengembangan aplikasi dan  konten, dan pra-inkubasi perusahaan di Afrika.

“Afrika dengan cepat menjadi pemimpin ICT. Inovasi yang dimulai di Afrika-seperti ponsel dual kartu SIM, atau menggunakan ponsel untuk pembayaran remittance – sekarang menyebar di seluruh benua dan di luar Afrika,” kata Tim Kelly,  Spesialis Kebijakan ICT di Bank Dunia dan penulis laporan tersebut. “Tantangan ke depan adalah untuk memastikan bahwa inovasi TIK menguntungkan semua orang Afrika , termasuk masyarakat miskin  dan mereka yang tinggal di daerah terpencil.”

Menurut eTransform Afrika, sejauh ini pengalaman tersebut menawarkan banyak pelajaran yang berguna bagi para pembuat kebijakan Afrika berusaha untuk memaksimalkan dampak perubahan dari TIK . Sebagai contoh:

  1. Penyebaran dan pengembangan aplikasi TIK  harus berakar pada realitas keadaan dan keanekaragaman lokal  yang ada.
  2. Pemerintah memiliki bagian penting untuk bermain dalam menciptakan lingkungan yang kondusif di mana inovasi dan investasi dapat berkembang dengan bertindak sebagai klien utama dalam mengadopsi inovasi baru dan teknologi.
  3. Penggunaan TIK secara efektif  akan membutuhkan kerjasama lintas sektoral dan pendekatan multi-stakeholder, berdasarkan keterbukaan dan inovasi bersama.
  4. Banyak dari Aplikasi TIK paling inovatif di Afrika merupakan hasil dari program percontohan. Laporan itu mengatakan sekarang adalah waktu untuk evaluasi yang ketat, replikasi dan pengembangan skala dari praktek-praktek terbaik.

eTransform Afrika mencakup lebih dari 20 studi kasus transformasi ICT dalam aksinya di Afrika, serta lampiran statistiknya menyajikan data terbaru tentang akses mobile dan broadband di negara-negara Afrika. Studi ini menerima dana dari AfDB Korea Trust Fund dan World Bank Pfizer Trust Fund. Laporan lengkap, bersama dengan delapan studi sektoralnya, tersedia online di http://www.eTransformAfrica.org.

Sumber:

http://www.worldbank.org/en/news/press-release/2012/12/10/information-communication-technology-revolutionizing-development-africa

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=zE1fbJ3fD8E]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: