Statuses

Desa Majasari Terima Penghargaan Sebagai Komunitas TIK Terbaik Se-Jawa Barat

In Desa, ITB, Liputan, Pedesaan, Telematika on 14 Agustus 2014 by djadja Ditandai: , , , , , , ,

Presentasi Komunitas TIK Desa Majasari Kabupaten Indramayu

Komunitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) desa Majasari di ikutsertakan Dishubkominfo Indramayu dalam seleksi Anugrah IT Jawa Barat Tahun 2014. Bidang Kominfo Kabupaten Indramayu melihat relawan TIK yang ada di Desa Majasari cukup aktif untuk melakukan perubahan dalam bidang sosial kemasyarakatan dan partisipasi pembangunan desa melalui media TIK, baik penggunaan Internet maupun Informasi melalui Radio Komunitas yang ada di Desa Majasari.

TIK di desa Majasari diperkuat ketika Relawan TIK yang anggotanya kebanyakan merupakan mantan buruh migran mendapatkan program dari BNP2TKI yang dilaksanakakan oleh yayasan Tifa foundation dan pendamping lokal WCC (women crisis centre) Balqis Cirebon, dengan hibah yang diberikan dan dipergunakan untuk membuat rumah TIK. Kalau dari tahun 2009 hanya mengajarkan komputer program komputer perkantoran muai tahun 2012 CBO Zulfikar mendampingi masyarakat untuk mengenal dunia internet.

Awalnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indramayu mempercayakan kepada komunitas TIK Desa Majasari CBO Zulfikar untuk mewakili Indramayu dalam seleksi Anugerah IT Jawa Barat 2014. Dewan juri akhirnya menetapkannya sebagai pemenang dengan pertimbangan bahwa TIK Desa Majasari ini sangat aktif melakukan perubahan di bidang sosial kemasyarakatan melalui media teknologi informasi desa.

Dua orang juri dari @ComlabsITB dan @PojokPendidikan dalam interview banyak menanyakan tentang pengelolaan administrasi, pengorganisasian CBO secara internal dan regenerasi relawan TIK di desa Majasari.

Desa Majasari dinilai telah berhasil membina komunitas Teknologi dan Informasi (TIK) yang berada di bawah naungan organisasi berbasis masyarakat atau CBO Zulfikar. Komunitas TIK Majasari, berhasil mengelola website desa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk penyampaian berbagai informasi dan mempublikasikan potensi serta berbagai perkembangan pembangunan di desa.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=M_DOp-hl_o0]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: